Serah Terima Mahasiswa PBL Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam di Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah

Redelong  (02/02/2021) Sebagai wadah dalam upaya meningkatkan kemampuan dan skill mahasiswa kesehatan masyarakat pada tahap analisis situasi dan prioritas masalah di masyarakat, Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam menerjunkan mahasiswa untuk praktek lapangan di Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah sebagai upaya untuk menangani permasalahan kesehatan di masyarakat secara langsung dalam agenda kegiatan Praktek Belajar Lapangan (PBL). Kegiatan PBL diikuti oleh 42 mahasiswa Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat STIKes PNAD semester VII dan dilaksanakan selama dua minggu dari tanggal 01  hingga 14 Februari 2021 yang terbagi di 2 Desa yakni Desa Suka Ramai Atas dan Desa Syura Jadi.

Serah terima dilakukan oleh Ketua STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam, Zulfikar SKM.,MKM kepada Camat Wih Pesam Lukman, SE. Hadir pula pada kegiatan serah terima tersebut Kapolsek Wih Pesam AKP Suwarno, Kaprodi Sarjana Kesehatan Masyarakat STIKes PNAD Maulina Iriyanti, SKM.,MKM dan Dosen Pembimbing Praktek Belajar Lapangan (PBL). Dalam sambutannya, Ketua STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam menyatakan bahwa kegiatan PBL dapat memberikan pembelajaran pada mahasiswa untuk melaksanakan upaya-upaya pemecahan masalah kesehatan di masyarakat. “Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat yang utama yaitu mampu melakukan problem solving lebih mendominasi pelaksanaan kegiatan praktik ke masyarakat. Sedangkan untuk kegiatan praktik di puskesmas, mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan advokasi, fasilitasi dan koordinasi dengan instansi pelayanan kesehatan dan instansi-instansi lain melalui pendekatan lintas program dan lintas sektor mengimplementasikan kemampuan intervensi untuk memecahkan masalah kesehatan masyarakat, “ paparnya.

Sementara itu, Camat Wih Pesam menyampaikan bahwa pihaknya menerima dengan baik kegiatan PBL mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat STIKes PNAD. “Kami juga berpesan bahwa adik-adik mahasiswa dapat beradaptasi dengan baik mengenai karakteristik masyarakat dan kondisi biografis masyarakat yang ada di Kecamatan Wih Pesam. “Dengan kehadiran adik-adik semua kami berharap akan mampu mengajak seluruh masyarakat ke arah perilaku hidup bersih dan sehat dan Diharapakan untuk dapat bersikap sopan santun, ramah tamah, dan dapat berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat desa nantinya, “ jelasnya. sembari memperkenalkan para Kepala Desa yang hadir dalam kesempatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.